top of page
  • Writer's pictureInsights inc

Perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX)

Updated: Apr 16, 2021

Sering mendengar kata UI dan UX dalam Dunia digital marketing? Sebenarnya apa sih UI dan UX dan apa perbedaannya?


Apa itu UI dan UX?


UI dan UX adalah sebuah tampilan visual dalam bentuk website atau alat pemasaran digital lainnya yang dapat meningkatkan brand yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan yang anda miliki. Karena parçaya atar tidak, tapılan sebat website/ toko digital anda sangat mempengaruhi tingkat penjualan produk / usaha Anda.



Lalu Apa Perbedaaan UI dan UX ?


User Interface (UI)


UI lebih memfokuskan pada design yang indah untuk sebuah tampilan, dari pemilihan warna yang baik dan pas yang akan membuat tampilan web / toko online yang Anda miliki lebih lebi cantik dan menunjukan brand identity Anda.


Komponen UI di antaranya meliputi warna, gambar dan video animasi, typography, buttons, dan visual interaksi lainnya.


User Experience (UX)



Sementara UX adalah dari fungsinya, jika UI lebih berfokus untuk membuat desain web lebih indah. UX adalah jembatan penghubung supaya UI data bekerja sama dengan sistem. Desain yang dibuat untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kemudahan mempergunakan website sehingga tidak membingungkan bagi penggukan website.


Komponen untuk desain UX biasanya seperti fitur-fitur, struktur desain, dan navigasi. Termasuk juga tampilan interface, copywriting, hingga branding, sehingga diperlukan kolaborasi tim untuk menghasilkan desain produk yang baik.




Recent Posts

See All
  • WhatsApp Image 2021-02-19 at 01.42.22
  • Instagram
  • whatsapp-social-media-icon-design-templa
  • LinkedIn
  • Facebook
bottom of page