top of page
  • Writer's pictureInsights Performance

Mengenal Digital Marketing: Arti dan Jenis - Jenisnya

Mengenal Digital Marketing: Arti dan Jenis - Jenisnya

Digital marketing sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, terutama setelah masa pandemi. Banyak bisnis, dari start up hingga toko konvensional, mulai beralih ke media digital atau biasa disebut go digital.


Walau sudah menjadi hal yang umum, seringkali masih banyak orang yang bingung dengan digital marketing. Banyak orang yang salah mengerti, menganggap digital marketing adalah membuat sesuatu yang viral di media sosial. Padahal, tujuan digital marketing tidak hanya membuat sesuatu yang viral saja.


Kali ini, Insights Inc. akan menjelaskan mengenai digital marketing. Kami akan menjelaskan arti digital marketing, jenis - jenis digital marketing, dan contoh - contoh nyata yang mungkin sering terlihat. Yuk kita lihat!


Arti Digital Marketing

 

Menurut Hubspot, digital marketing/pemasaran digital/pemasaran online adalah semua upaya pemasaran yang terjadi di internet. Bisnis menggunakan saluran digital/internet seperti mesin pencari (search engine), media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan calon pelanggan dan pelanggan yang ada saat ini. Digital marketing juga mencakup komunikasi melalui pesan teks atau multimedia.


Di Indonesia sendiri, digital marketing yang umum dapat terlihat adalah media sosial dan mesin pencari. Data dari DataReportal menyatakan bahwa terdapat 212,9 juta pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2023, setara dengan 77% populasi. Indonesia juga memiliki 167,0 juta pengguna media sosial pada Januari 2023, setara dengan 60% dari total populasi.


Jenis - Jenis Digital Marketing


Walaupun digital marketing dapat dilakukan pada berbagai media, tapi pada dasarnya ada 2 jenis dasar dari bagaimana digital marketing dilakukan. Digital marketing dapat dilakukan dengan iklan berbayar pada media digital (paid marketing) ataupun membangun bisnis Anda di media digital secara organik tanpa beriklan (organic marketing).


Berbayar (Paid Marketing)

 

Paid marketing adalah upaya pemasaran yang dilakukan dengan cara membangun kehadiran bisnis di dunia digital menggunakan iklan. Dengan berbayar, media digital akan lebih banyak menampilkan bisnis Anda kepada pelanggan ataupun calon pelanggan Anda.


Cara ini efektif digunakan ketika Anda ingin dengan cepat membangun kehadiran bisnis Anda di dunia digital. Semakin banyak biaya untuk beriklan, semakin besar juga hasil didapatkan. Namun, perlu strategi yang baik dan optimasi berkala untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal. 


Banyak contoh dari paid marketing. Namun, kami akan memberikan 2 contoh dari paid marketing yang sering ditemui di Indonesia.


1. Search Engine Marketing (SEM)


Search Engine Marketing adalah iklan berbayar yang dilakukan di mesin pencarian/search engine. Di Indonesia, platform paling umum yang digunakan untuk SEM adalah Google Ads.


Dengan Google Ads, Anda dapat menampilkan bisnis Anda di bagian paling atas dari hasil pencarian pengguna. Google Ads akan menampilkan Website bisnis Anda dengan tulisan sponsored. Pemilihan kata pencarian menjadi salah satu kunci penting dalam menjalankan usaha Google Ads Anda.


2. Social Media Marketing


Social Media Marketing adalah iklan berbayar yang dilakukan di media sosial. Platform Social Media Marketing yang paling umum digunakan di Indonesia adalah Meta Ads. Data dari Meltwater menunjukan bahwa Instagram, Facebook, dan Tiktok menjadi 3 media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia pada tahun 2023.


Dengan Meta Ads, Anda dapat menunjukan post Anda pada lebih banyak orang. Di Meta Ads juga, Anda dapat menargetkan pada siapa post Anda ingin ditunjukan. Anda juga dapat menunjukan post Anda dengan berbagai bentuk - video, foto, carousel.


Organik (Organic Marketing)

 

Organic Marketing adalah upaya pemasaran yang dilakukan dengan cara membangun kehadiran bisnis di dunia digital tanpa menggunakan iklan. Sederhananya, bisnis akan membuat dan mempublikasikan konten yang cocok dengan pembeli/calon pembelinya untuk menarik perhatian mereka dan diharapkan dapat bertransaksi dengan bisnis Anda.


Cara ini efektif digunakan ketika Anda ingin membangun kehadiran bisnis Anda di dunia digital pada jangka panjang. Walaupun tanpa biaya iklan, Anda akan lebih mengeluarkan usaha untuk memproduksi konten berkualitas yang memiliki performa baik walau tanpa iklan. Namun, secara jangka panjang strategi ini akan membangun grup audiens yang kokoh dan berkualitas tanpa harus beriklan.


Sama seperti paid marketing, banyak contoh dari organic marketing. Namun, kami akan memberikan 2 contoh dari organic marketing yang sering ditemui di Indonesia.


1. Search Engine Optimization (SEO)


Search Engine Optimization (SEO) adalah usaha untuk mengoptimalkan website agar dapat muncul pada bagian depan hasil pencarian mesin pencarian (Search Engine Result Page/SERP). Website yang optimal dan berkualitas akan dinilai mesin pencarian layak untuk ditampilkan lebih dahulu pada hasil pencarian.


Berbagai usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil SEO Anda diantaranya adalah dengan mengoptimalkan tampilan website Anda, memproduksi konten berkualitas (on - page SEO), meningkatkan kredibilitas dengan backlink (off - page SEO), dan mengoptimasi performa website Anda (techincal SEO). Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai SEO di sini!


2. Social Media Organic


Social Media Organic adalah usaha untuk mengoptimalkan media sosial untuk meningkatkan growth akun Anda. Growth disini dapat berarti banyak hal, misalnya peningkatan followers, reach, dan engagement. Sama dengan SEO, akun yang optimal dan berkualitas dapat lebih banyak ditampilkan oleh media sosial.


Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil Social Media Organic Anda diantaranya adalah dengan mengoptimalkan akun Anda, memproduksi konten berkualitas, aktif dan berinteraksi dengan audiens Anda, bahkan menggunakan KOL untuk meningkatkan kredibilitas akun Anda.


Penutup

Pada praktiknya, strategi berbayar dan organik keduanya akan digunakan karena keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Meningkatkan kehadiran bisnis Anda di dunia digital tidak dapat dilakukan sendiri karena banyaknya strategi dan aspek yang perlu dibangun. Oleh karena itu, kami hadir untuk memberikan solusi digital marketing bagi Anda para pemilik bisnis. Yuk kontak kami di sini untuk berkonsultasi lebih lanjut! Semoga dapat Insights ya!

20 views0 comments

Commentaires


  • WhatsApp Image 2021-02-19 at 01.42.22
  • Instagram
  • whatsapp-social-media-icon-design-templa
  • LinkedIn
  • Facebook
bottom of page